JAWA TIMUR TUAN RUMAH KOMPETISI OLAHRAGA ANTAR MAHASISWA SE ASEAN ~ Detak Inspiratif | Berita dan informasi terkini Indonesia
RUNNING STORY :
Loading...

JAWA TIMUR TUAN RUMAH KOMPETISI OLAHRAGA ANTAR MAHASISWA SE ASEAN

-

Baca Juga


SURABAYA, DETAK INSPIRATIF -Kompetisi olahraga mahasiswa bergengsi tingkat Asia Tenggara, ASEAN University Games (AUG) 2024 mulai bergulir dari 25 Juni hingga 6 Juli 2024 dengan Jawa Timur (Surabaya-Malang) sebagai tuan rumah. Kompetisi olahraga mahasiswa ASEAN ini, kali pertama diselenggarakan di Chiang Mai, Thailand pada 1981, Indonesia telah menjadi tuan rumah AUG sebanyak lima kali, yaitu pada tahun 1982, 1990, 2004, 2014, dan 2024.

Event olahraga antar perguruan tinggi se-ASEAN ini melibatkan partisipasi aktif dari 11 negara anggota ASEAN antara lain dari Indonesia, Malaysia, Laos, Myanmar, Vietnam, Timor Leste, Brunei Darussalam, Thailand, Singapura, Kamboja, dan Filipina.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Propinsi Jawa Timur, M. Ali Kuncoro Ketika Pembukaan Kompetisi Olahraga Mahasiswa ASEAN di Surabaya, Rabu 25 Juni 2025.

“Diperkirakan sekitar 4.000 sampai 5.000 orang (atlet, pelatih, official) dari berbagai negara turut serta ke Jawa Timur dalam AUG 2024 ini,” ucap Nurhasan, Rektor UNESA sekaligus PIC AUG 2024.

AUG 2024 ini memperlombakan sebanyak 21 cabang olahraga (cabor) yang meliputi, Futsal, Petanque, Volleyball, Tennis, Swimming, Sport Climbing, 3X3 Basketball, Judo, Handball, Wushu, Bridge, Chess, Athletics, Basketball, Badminton, Archery, Beach Volleyball, Sepak Takraw, Taekwondo, Pencak Silat, dan Karate.

Cabor tersebut dilaksanakan di sejumlah lokasi yang melibatkan KONI Jatim dan 9 perguruan tinggi, baik yang ada di Surabaya maupun Malang. 

Venue yang di pakai untuk event cabang olahraga AUG 2024 yakni, di Surabaya, Universitas Negeri Surabaya (UNESA): Futsal, Petanque, Volleyball, Tennis, Athletics, dan Basketball

KONI Jatim: Swimming, dan Sport Climbing

Universitas Airlangga (Unair): 3X3 Basketball, dan Judo

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS): Handball

Universitas Surabaya (Ubaya): Wushu, dan Bridge

UPN Veteran Jatim: Chess

Sedang di Malang, Universitas Negeri Malang (UM): Badminton, Archery, dan Beach Volleyball

Universitas Brawijaya (UB): Sepak Takraw, dan Taekwondo

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM): Pencak Silat

Universitas Islam Malang (Unisma): Karate

Opening Ceremony AUG 2024 dilaksanakan di International Basketball Arena, UNESA Kampus 2 Lidah Wetan, Surabaya. 

Dikatakan oleh koordinator AUG 2024, Muhammad Arif Al Ardha, pembukaan AUG dihadiri atlet, pelatih dan official tim dari masing-masing negara dan jajaran pimpinan ASEAN University Sports Council (AUSC). 

Acara dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek, PP BAPOMI (Pengurus Pusat Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia), jajaran federasi dan organisasi olahraga pusat hingga daerah, pemerintah daerah-kota, dan pihak-pihak terkait lainnya.

Unsur yang Terlibat dalam Panitia AUG 2024 dalam perhelatan kompetisi olahraga mahasiswa bergengsi tingkat Asia Tenggara ini, melibatkan sejumlah unsur yang tergabung dalam Panitia AUG 2024 yang terdiri dari: PP Bapomi, Komite Olahraga Nasional Indonesia, Komite Olimpiade Indonesia, Pengurus Besar Cabang Olahraga, dan Bapomi Jawa Timur.

Dari unsur pemerintah yaitu Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, TNI-Polri, Direktorat Belmawa, Pusat Prestasi Nasional, dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia.

Di daerah juga melibatkan peran Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kota Surabaya, Pemerintah Kota Malang, dan Pemerintah Kabupaten Malang.

Sementara dari unsur perguruan tinggi terdiri dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Universitas Surabaya (Ubaya), UPN Veteran Jawa Timur, Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dan Universitas Islam Malang (Unisma). 

Kegiatan olahraga mahasiswa se ASEAN ini, disambut antusias oleh Kepala Dinas Pemuda dan olahraga Jawa Timur, Muhammad Ali Kuncoro yang juga menjabat sebagai Penjabat Wali Kota Mojokerto Jawa Timur tersebut.

Kegiatan ini cukup positif untuk kerukunan dan meningkatkan prestasi antar mahasiswa ditingkat ASEAN ( ASIA TENGGARA). 

Dengan diselenggarakan nya kegiatan olahraga semacam ini, kita akan tahu perkembangan anak muda dan para mahasiswa sebagai agen perubahan dalam pemerintahan nanti dari berbagai negara ASEAN.

Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses, terutama Jawa Timur sebagai tuan rumah. Tonton dan dukung tim kesayangan anda dari berbagai cabor yang diselenggarakan. (DION)




 

Mungkin Juga Menarik × +
VIDEOS
PERISTIWA
Hukum Kriminal
Olahraga

 
Atas
Night Mode